bayi

Menu Mpasi Untuk Baby Led Weaning (BLW)

Ilmuasep.com – Anda tertarik untuk menerapkan BLW pada bayi anda? sebelum anda coba menerapkan metode baby led weaning, anda bisa memahami konsepnya dahulu. Baby led weaning adalah metode untuk memberikan makanan bayi dengan mengajarkan mereka memakan sendiri makanannya tanpa harus disuapi. Kemudian jika biasanya bayi memakan MPASI yang halus seperti bubur atau pure. Maka baby led weaning tidak begitu. Bayi dibiarkan memakan makanan padat. Hal tersebut tercermin dari kata “weaning” di dalamnya.

Ada kelebihan dan kekurangan tentunya dalam menerapkan blw ini. Walaupun anda sudah niat dari awal untuk menerapkan metode ini namun sebaiknya ada juga memahaminya lebih dalam. Kelebihan yang bisa anda dapatkan dari menerapkan metode ini adalah anak akan mandiri untuk memakan makanannya sendiri. Anak pun akan jadi lebih pintar memegang makanan dimana bisa melatih motoric halusnya. Selain itu juga anak juga akan bereksplorasi dengan makanan di depannya. Dan anak cenderung semangan memakan makanan di depannya. Namun ada juga kekurangan dalam menerapkan blw ini yaitu salah satunya anak akan makan dengan hasilnya yang berantakan. Tentu saja ini akan membuat anda repot. Makanan akan terbuang sebagian bahkan hampir seluruhnya. Sehingga hanya beberapa suap saja yang masuk ke mulut. Kemudian kekurangan lainnya dalam metode ini adalah asupan gizi untuk anak tidak terpenuhi.

Kenapa asupan gizi tidak terpenuhi ketika menerapkan blw? Hal ini dikarenakan anak cenderung hanya memakan 1 jenis makanan. Sedangkan ketika kita membuat bubur untuk anak, ada kandunga banyak gizi di dalamnya seperti karbohidrat, sayuran, lemak, nabati, dan protein. Sehingga anak anda akan terpenuhi gizinya. Kemudian hal tersebut ditandai dengan naiknya berat badan anak. Jika metode blw maka anak akan makan protein saja mialnya. Atau anak juga akan makan sayur saja. Namun tetap semua ada pada pendirian anda. jika anda memang sudah kokok untuk menerapkan blw. Anda bisa coba menu sehat untuk blw berikut ini.

Untuk menerapkan blw, anda bisa memberikan sayuran dan buah. Mengingat sayur dan buah gampang untuk dipegang dan juga sehat untuk anak anda. anda bisa memberikan buah alpukat, buah naga atau juga labu kuning untuk dimakan anak anda. Untuk buah alpukat dan naga, anda bisa memotongnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi anak anda. Anda bisa memotongnya menjadi potongan yang bisa dipegang anak anda. Kemudian untuk labu kuning, anda bisa memotongnya terlebih dahulu kemudian mengukusnya hingga empuk. Anda bisa memberikan sendok untuk memakan labu kuning. sambi mengajari mereka untuk makan.

Selai buah, anda bisa memberikan sayuran untuk metode ini. Anda bisa memberikan sayuran brokoli dan juga wortel. Kenapa kedua sayuran tersebut? Karena kedua sayuran tersebut jika sudah dikukus dan dipotong-potong akan lebih mudah untuk dipegang. Dan lebih mudah juga untuk digigit. Bisa saja sih anda memberikan bayam, namun anda harus mengawasi mereka takutnya mereka akan tersedak.

Selain buah dan sayuran, anda juga bisa memberikan mereka kentang dan juga protein. Misalnya anda bisa memberikan mereka telur. Anda bisa merebus telurnya kemudian dipotong potong. Dan untuk kentang juga bisa anda kukus dan potong sesuai tangan anak anda. anda juga bisa memberikan cemilan yang anda buat sendiri seperti membuat bola-bola nasi lembek dengan diisi telur. Tentunya anda harus mengawasi ketika anak memakan makanan mereka. Dikarenakan anak mungkin saja tersedak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *