smk

Buka Peluang Kerja Bagi Siswa SMK

Dunia otomotif di Indonesia masih menjadi kue sangat menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Jumlah penduduk cukup besar, belum tersedianya moda transportasi masal yang memadai, serta kondisi alam, mengakibatkan pasar selalu terbuka bagi pemain baru. Potensi mendapatkan konsumen yang besar ini menggoda bagi produsen kendaraan bermotor manapun. Walaupun demikian, kompetisi ketat bisa menimbulkan korban jika tidak mampu bertahan. Seperti dialami oleh salah satu produsen mobil terkenal dari Eropa yang terpaksa gulung tikar.

Di tahun 2017, ada perusahaan otomotif dari Tiongkok masuk dan mencoba peruntungan di Indonesia. Keseriusan mereka bersaing ditunjukkan dengan pembangunan pabrik di wilayah Cikarang, Jawa Barat. Mereka berani meluncurkan produk dengan harga relatif murah namun disertai fasilitas cukup lengkap. Tidak tanggung – tanggung, di edisi perkenalan, ada 3 varian sekaligus diluncurkan, mulai dari basic sampai premium. Menurut isu yang beredar, tahun depan direncanakan ada dua varian baru meluncur ke pasar.

Menghadapi gempuran lawan yang sangat intensif, maka Astra perlu untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Demi memenuhi kebutuhan konsumen dan menyediakan layanan after sales atau purna jual yang prima, maka Astra membangun dan menambah kapasitas produksi, serta membuka cabang di seluruh Indonesia. Di cabang yang besar, tersedia show room, stok spare part dan layanan perbaikan kerusakan mesin, termasuk pengecatan.

smk
(Gambar : roda2blog.com)

Dengan pembukaan pabrik dan cabang baru, maka Astra membutuhkan sumber daya manusia yang mampu melayani konsumen secara profesional. Ini berarti kesempatan yang terbuka lebar bagi para calon tenaga kerja. Penyerapan tenaga kerja oleh Astra, bisa mengurangi jumlah pengangguran produktif sekaligus mencegah terjadinya kriminalitas. Bukan rahasia lagi kalau kejahatan di Indonesia banyak dipicu faktor ekonomi dan tingkat pengangguran yang tinggi.

Tak ketinggalan, Astra membuka kesempatan bagi para pelajar SMK, terutama jurusan terkait dunia otomotif, untuk magang di unit usahanya. Program magang bagi siswa SMK diadakan secara berkesinambungan oleh Astra, bekerja sama dengan pihak sekolah.

Para siswa magang tersebut ditempatkan sesuai dengan jurusan dan keahlian masing – masing. Bila berprestasi di suatu bidang, maka Astra akan menawarkan kepada siswa untuk direkrut dan bekerja di unit tersebut setelah lulus. Tentu saja, mereka harus menjalani proses secara bertahap. Saat kinerja mereka melebihi ekspektasi, maka bisa naik ke level di atasnya.

Oleh karena itu, siswa yang baru lulus dan telah magang di Astra sebelumnya, diharapkan tetap tekun belajar dari seniornya demi meningkatkan kemampuan. Ketika skill dan pengalaman bertambah, maka apresiasi perusahaan juga meningkat.

Bagi kamu yang bukan jurusan otomotif, tak perlu berkecil hati. Astra tidak melulu berkutat pada produksi, perbaikan mesin, atau pengecatan. Ada banyak divisi lain yang butuh sumber daya manusia berkualitas , seperti: divisi pemasaran (marketing), administrasi. Itu bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin bekerja di Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *